THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 05 Maret 2012

Tugas 1

A.  Macam-macam Sistem Ekonomi
Macam-macam system ekonomi dibagi menjadi beberapa bagian yaitu diantaranya sebagai berikut:
1. Sistem Ekonomi Tradisional
Suatu sistem ekonomi yang masih menggunakan faktor-faktor produksi dengan pola tradisional atau adat kebiasaan yang tergantung pada faktor alam. Mtoivasi kegiatan ekonominya, yaitu untuk memenuhi kebutuhan bersama.
2. Sistem Ekonomi Pasar
Sistem ekonomi pasar adalah suatu sisten ekonomi yang sebagian besar barang-barang kapital baik yang buatan manusia maupun buatan alam yang dimiliki swasta. Proses produksi, distribusi, dan konsumsinya dilaksanakan dalam rangka mencari laba yang sebesar-besarnya oleh pemilik.
3. Sistem Ekonomi Terpusat
Suatu sistem ekonomi yang seluruh kebijakan perekonomiannya ditentukan oleh pemerintah. Motivasi kegiatan ekonomi nya adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara keseluruhan dan untuk kemakmuran negara.
4. Sistem Ekonomi Campuran
Sistem ekonomi hasil dari perpaduan dari sistem ekonomi pasar dengan sistem ekonomi terpusat sehingga kelemahan-kelemahan yang ada pada kedua sistem tersebut dapat diatasi. Pada sistem ekonomi ini ada kebebasan bagi perseorangan dan swasta untuk ikut dalam kegiatan ekonomi.

5. Sistem Ekonomi Indonesia
Sistem ekoomi Indonesia dikenal sebagai Demokrasi Ekonomi adalah Sistem Ekonomi yang dijalankan oleh Indonesia. Pda sistem ini, kegiatan produksi dilakukan oleh semua, untuk semua, dan dibawah pimpinan atau kepemilikan oleh anggota-anggota masyarakat. Motivasi kegiatan ekonominya dalah untuk kemakmuran masyarakat dengan memenuhi kebutuhannya dan mengembangkan keselarasan, keserasian serta keseimbangan antara kepentingan individu dan kepentingan masyarakat.
B.   Pengertian Permintaan dan Penawaran
·     Permintaan
Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada periode tertentu. Kita semua telah mengetahui bahwa pada dasarnya setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Ada banyak hal yang mempengaruhi munculnya kebutuhan tersebut seperti adat istiadat, agama dan kepercayaan, alam dan peradaban. Sebagaimana kebutuhan permintaan setiap konsumen tidaklah sama
Faktor-faktor yang memepengaruhi permintaan adalah selera konsumen, ketersediaan dan harga barang, penghasilan konsumen, perkiraan harga di masa depan, dan banyaknya kebutuhan konsumen.
·     Penawaran
Penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.
Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penawaran adalah biaya produksi, tujuan perusahaan, pajak, ketersediaan dan harga barang, serta perkiraan harga di masa depan.



C.   Hukum Permintaan dan Penawaran
·     Hukum Permintaan
Jika harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin banyak. Sebaliknya, jika harga semakin mahal, maka permintaan atau pembeli semakin sedikit.
Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah selera konsumen, ketersediaan dan harga barang, penghasilan konsumen, perkiraan harga di masa depan, dan banyaknya kebutuhan konsumen.
·     Hukum Penawaran
Jika harga semakin rendah/murah maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya, jika harga semakin tinggi, maka penawaran pun akan semakin banyak/tinggi.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran adalah biaya produksi, tujuan perusahaan, pajak, ketersediaan dan harga barang, serta perkiraan harga di masa depan.

0 komentar: